Tidak Mau Dikecewakan Oleh Perusahaan Asuransi Mobil?

Setiap pemegang polis asuransi mobil tentu tidak ingin dikecewakan oleh perusahaan asuransi. Sayangnya, sejumlah policy holder pernah mengalami kekecewaan terhadap agen asuransi karena beberapa hal. Kekecewaan yang mereka alami membuat mereka marah, kesal, dan pada akhirnya memutuskan untuk berhenti membayar premi. Bahkan ada yang sampai ribut dengan pihak perusahaan. Tak dapat dipungkiri bahwa para nasabah asuransi tentunya tidak mau merugi dan harus bayar ganti rugi sendiri ketika kendaraan mereka mengalami kerugian sehingga ketika mereka merasa dirugikan oleh perusahaan asuransi, mereka akan kecewa, marah, dan juga kesal. Sebenarnya, masalah seperti ini tidak perlu terjadi jika dari awal tahu cara agar tidak dikecewakan oleh insurance company. Apabila Anda berencana untuk membeli asuransi mobil, Anda wajib tahu cara ini agar tidak menyesal dan merugi nantinya. Adapun cara yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Pilih perusahaan yang tepat

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memilih perusahaan asuransi mobil yang tepat. Caranya? Cek reputasi dan rekam jejak perusahaan, pastikan perusahaan sudah berdiri lama dan memiliki izin usaha yang legal, ketahui testimoni nasabah mereka dan kelebihan produk asuransi mereka dibandingkan dengan produk asuransi dari perusahaan lain. Ingat untuk tidak terburu-buru menentukan pilihan sebelum Anda benar-benar mengetahui apa yang sudah disarankan. Selain itu, pastikan pula untuk tidak mudah terpengaruh atau tergoda dengan premi yang murah karena belum tentu layanan yang didapatkan nantinya memuaskan. Jika Anda masih ragu dan bingung, silahkan bertanya kepada orang-orang terdekat yang sudah membeli asuransi kendaraan atau gabung ke forum-forum tertentu yang membahas asuransi kendaraan agar Anda bisa mendapatkan saran dan juga rekomendasi tentang perusahaan yang sebaiknya dipercaya. Jika Anda memilih insurance company yang tepat, resiko untuk mengalami kekecewaan bisa diminimalisir.

Bayar premi sesuai ketentuan

Perusahaan asuransi notabene tidak akan memberikan layanan yang maksimal dan Anda tidak akan mendapatkan manfaat asuransi apabila Anda tidak membayar premi sesuai ketentuan. Sadari bahwa premi harus dibayar sesuai dengan ketentuan baik jumlah maupun waktu pembayaran. Jika tidak, polis Anda akan dinon-aktifkan, Anda tidak akan mendapatkan pelayanan yang maksimal, dan klaim akan langsung ditolak. Maka dari itu, bayar premi sesuai ketentuan. Sebagai contoh, jika premi yang harus dibayar adalah 2 juta rupiah per tahun yang harus dibayar setiap bulan Januari, Anda harus membayar premi di bulan Januari setiap tahunnya dengan jumlah uang sebesar 2 juta rupiah. Apabila Anda mengambil proteksi tambahan, jumlah premi pada tahun yang akan datang tidak akan sama dengan tahun ini dan Anda harus membayar premi sesuai dengan ketetapan dan perjanjian di dalam polis.

Ikuti prosedur klaim

Sudah ada banyak nasabah asuransi yang merasa dirugikan dan dikecewakan oleh perusahaan asuransi karena mereka gagal klaim atau klaim mereka ditolak. Hal ini mau tidak mau harus membuat mereka membayar sendiri kerugian yang diderita. Mereka yang mengalami hal ini tentu saja kecewa dan kesal karena tidak mendapatkan ganti rugi sama sekali dari pihak asuransi. Alhasil, mereka komplain dan bahkan bertengkar dengan agen asuransi. Padahal, sebagian besar kasus disebabkan karena pemegang polis tidak mengikuti prosedur klaim. Untuk itulah, Anda disarankan untuk mengikuti prosedur klaim yang ada apabila ingin mengajukan klaim. Misalnya, jika Anda diminta untuk menyerahkan bukti kerusakan kendaraan dan menjelaskan kronologis kejadian, sebaiknya tunjukkan bukti yang real dan berikan penjelasan mengenai kronologis kejadian dengan detail. Ingat untuk tidak mengada-ngada atau memanipulasi data jika tak ingin klaim ditolak dan Anda merasa kecewa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *